Bolehkah Kucing Makan Ikan Tongkol?

Bolehkah Kucing Makan Ikan Tongkol

Kucing kamu selalu mengendus plastik belanjaan saat kamu beli ikan tongkol di pasar? Mungkin mereka tertarik dengan ikan yang kamu beli, lho. Karena aroma ikan tongkol sangat khas. Tapi, sebagai pemilik kucing yang terampil, kamu harus mencari tahu dulu tentang ikan tongol. Apakah ikan tongkol bagus untuk kucing atau tidak. Salah-salah kucing kamu bulunya rontok. Biar kamu nggak salah informasi, kami buatin rangkuman terkait ikan tongkol untuk kucing. Berikut penjelasan bolehkah kucing makan ikan tongkol yang kami kutip dari goldenmaze.net.

Kucing Boleh Makan Ikan Tongkol

Menurut Dr. Terry Morris (Vet USA), kucing boleh makan ikan tongkol dalam porsi kecil maksimal seminggu sekali. Pemilik kucing wajib memilihkan daging ikan yang sehat dan berkualitas agar kucing tidak terjangkit parasit. Saran terbaik adalah mengukus atau merebus ikan hasil fillet sebelum diberikan kepada kucing.

Dari pemaparan di atas, kita jadi paham bahwa kucing boleh makan ikan tongkol, tapi kamu wajib memberikan daging berkualitas. Artinya, kamu perlu memastikan bahwa ikan dalam kondisi baik. Kamu perlu memfillet daging ikan tongkol terlebih dahulu. Lalu, mencabuti seluruh duri dari dagingnya. Potong ukuran kecil agar mudah dimakan oleh kucing.

Jika kamu ragu dengan daging ikan tongkol yang kamu beli, sebaiknya daging diolah dulu. Bisa kamu rebus atau dikukus, biar parasit dan bakteri di dalam daging mati. Jika belum tahu caranya, nanti kami jelaskan tutorialnya.

Yuk, lanjut dulu.

Nilai Gizi Ikan Tongkol

Ikan tongkol (Euthynnus affinis) merupakan salah satu jenis ikan laut dari suku Scombridae. Ikan tongkol kaya akan protein, asam amino esensial, tiamin, riboflavin, vitamin A, vitamin E, vitamin B, dll. Biar kamu lebih paham, kami akan menyajikan nilai gizi dari 100g daging ikan tongkol melalui tabel.

Berikut tabel nilai gizi 100g ikan tongkol:

Kandungan ZatNilai
Energi.100kkal.
Protein.13,70g.
Lemak.1,5g.
Vitamin A.181mcg.
Vitamin B1.0,35mg.
Vitamin B2.0,03mg.
Vitamin B3.6,60mg.
Karbohidrat.8g.
Kalsium.92mg.
Fosfor.606mg.
Natrium.202mg.
Kalium.227mg.
Tembaga.200mcg.
Besi.1,70mg.
Seng.1,60mg.
Air.74,70g.

Dari data di atas, kita jadi tahu bahwa ikan tongkol punya banyak protein dan vitamin. Biarpun tidak memiliki kandungan taurin, namun kamu dapat menjadikan ikan menu alternatif. Ya, seperti menu selingan setiap 1-2 minggu. Jadi, kucing tidak bosan dengan makanannya.

Okay, sekarang saya mulai tertarik untuk memberikan daging ikan tongkol ke kucing. Bagaimana cara penyajian daging ikan tongkol ke kucing?

Cara Menyajikan Ikan Tongkol untuk Kucing

Ada dua cara penyajian ikan tongkol ke kucing.

Pertama, sajikan fillet daging ikan tongkol dalam keadaan mentah.

  1. Pilih ikan tongkol yang sehat. Ikan tongkol yang sehat memiliki mata yang jernih, daging yang kenyal dan warna insang yang merah segar.
  2. Bersihkan sisik ikan dan fillet dengan pisau yang tajam.
  3. Cabuti duri dari dalam daging yang sudah difillet.
  4. Potong daging hasil fillet dalam ukuran kecil (bite size) agar bisa langsung dimakan oleh kucing.
  5. Berikan daging ikan tongkol ke kucing dan lihat reaksinya. Jika kucing suka, dia akan makan dengan lahap.

Kedua, sajikan fillet daging ikan tongkol dalam keadaan matang.

  1. Pilih ikan tongkol yang memiliki tubuh sehat. Ikan tongkol yang sehat punya mata yang jernih, daging kenyal dan insang yang segar.
  2. Bersihkan sisik ikan dan pisahkan daging dan tulang ikan. Fillet saja secara hati-hati.
  3. Cabuti semua duri yang masih menempel di daging. Tujuannya agar tidak melukai rongga mulut dan tenggorokan kucing.
  4. Rebus atau kukus daging ikan tongkol sampai matang lalu tiriskan.
  5. Potong daging ikan tongkol ukuran kecil biar bisa langsung disantap oleh kucing.

Kadang beberapa kucing tidak suka makan daging yang sudah direbus atau dikukus. Hal ini karena aroma daging sudah berubah. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa mengolah daging ikan tongkol menjadi puding daging.

  • Air rebusan daging ikan jangan dibuang. Saring saja, lalu masukkan ke mangkok.
  • Cacah daging ikan tongkol yang sudah dikukus/direbus sampai lembut.
  • Masak air rebusan daging ikan bersama agar-agar plain merek swallow. Ini agar-agar tanpa rasa.
  • Tambahkan daging ikan tongkol yang sudah dicacah lembut ke dalam larutan agar-agar plain.
  • Masak sampai matang dan taruh ke dalam cetakan.
  • Tunggu sampai dingin.
  • Potong puding daging ikan tongkol sesuai selera, lalu kasihkan ke kucing.

Begitulah penyajian daging ikan tongkol ke kucing. Mudah, bukan?

Poin Penting

Ikan tongkol merupakan salah satu ikan laut yang kaya akan asam amino esensial, protein, lemak dan vitamin. Karena ada nutrisi yang berlimpah tersebut, kucing boleh mengonsumsi daging ikan tongkol dalam jumlah sedikit sekali seminggu. Tidak boleh untuk makanan pokok. Karena daging ikan tidak memiliki kandungan taurin yang sangat diperlukan oleh metabolisme tubuh kucing.

Saat ingin memberikan daging ikan tongkol, pastikan daging sudah bersih dari duri ikan. Hal ini karena kucing tidak bisa memisahkan atau mencabuti duri ikan secara mandiri. Jadi, biar kucing tidak mengalami luka di area mulut dan kerongkongan, sebaiknya kamu bersihkan dulu duri ikannya. Terakhir, pilihkan daging ikan tongkol yang sehat dan berkualitas agar kucing tidak terserang penyakit.

Akhir kata, jika ada informasi kurang jelas terkait ikan tongkol untuk kucing, silakan tinggalkan pertanyaan melalui kolom komentar di bawah ini.

Bom Pengumpul Ikan

Kang Nana
1 min read

Produk Reel Pancing

Kang Nana
1 min read

Jenis Cat Genteng

admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.