Irama Rost : Pengertian, Sifat, Kegunaan, dan Tingkatannya

Di Indonesia memang sangat digemari berbagai irama untuk melantunkan bacaan ayat suci Al-Qur’an. Hal tersebut dikarenakan bisa menentramkan jiwa bagi yang membaca maupun yang mendengarkan. Contohnya saja irama rost yang menjadi irama dasar untuk baca Al-Qur’an.

Dengan adanya seni irama tersebut maka bisa dijadikan sebagai acuan untuk membaca Al-Qur’an yang mengesankan. Nah, apakah Anda sudah paham dengan irama ini? Jika belum maka cocok dengan pembahasan pada artikel di bawah ini.

Pengertian Irama Rost

Irama ini berasal dari Parsi yang hampir sama dengan irama-irama lainnya dan merupakan salah satu irama yang diajarkan di Indonesia. Rost memiliki sebuah lantunan irama yang cukup unik. 

Memiliki sebuah alunan lembut seperti bunga-bunga suara sehingga membuatnya berbeda jika dibandingkan dengan irama lain. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari segi lagu yang dibawakannya. 

Dalam irama ini juga terdapat sebuah ketegasan nada jadi meskipun gerakan lembut namun juga tegas. Sangat cocok digunakan untuk membaca sebuah ayat suci Al-Qur’an dengan menekankan tajwid yang dimilikinya. 

Untuk irama ini bisa disandingkan dan sejajar dengan irama Sikah dan irama Jiharkah. Namun, tetap saja untuk alunan ini bisa dikatakan paling dominan dan merupakan sebuah lagu dasar. Bahkan, cara membacanya lebih cepat jika dibandingkan dengan irama lainnya. 

Jika Anda penasaran dengan irama ini maka bisa mendengarkan Adzan. Irama ini banyak digunakan untuk mengumandangkan adzan dan digunakan oleh imam dalam membaca surat Al-Qur’an dalam sholat. 

Sifat dan Kegunaan Lagu Rost

Pastinya karena sudah diciptakan maka seni dalam membaca Al-Qur’an ini juga memiliki sebuah sifat dan kegunaan tersendiri. Untuk lagu sudah pasti ditentukan untuk membuat Al-Qur’an yang dibaca semakin nikmat untuk didengar. 

Berikut ini sifat dan kegunaan lagu rost bersumber dari pesantrenterbaik.com:

  1. Sifat-Sifat Lagu Rost

Rost sebenarnya memiliki gerakan yang cukup ringan untuk diucapkan sehingga mudah dilantunkan oleh para pembaca Al-Qur’an. Selain itu, dalam bacaannya juga terdengar cukup lincah dan bersemangat bagi para pendengar yang merasakan alunannya. 

Oleh sebab itu, lagu ini sebenarnya bisa disesuaikan dengan tingkatan suara yang dimiliki dan bisa digunakan untuk berbagai macam ragam ayat Al-Qur’an. 

  1. Kegunaan Irama Rost

Sedangkan, untuk kegunaannya sendiri bisa dilihat, yaitu:

  • Memberikan sebuah semangat pada bacaan Al-Qur’an. 
  • Bagi para pembaca dan pendengar pasti memiliki kepuasan tersendiri. 
  • Memberikan ketenangan jiwa dan keinsafan. 
  • Lagu-lagu yang dibacakan akan memberikan tenaga yang baik. 
  • Bisa digunakan untuk menyebutkan huruf secara fasih. 

Tingkatan Irama Rost

Nah, untuk praktiknya sendiri terdapat beberapa tingkatan yang bisa digunakan dalam melantunkan nada rost ini. Beberapa tingkatan tersebut adalah awal maqom rost, kuflah zinjiron, shabbir alarrost, dan alwan rost. Dalam tingkatan ini bisa dilantunkan secara detail sehingga ketentraman jiwa didapatkan. Membaca Al-Qur’an dengan irama rost akan membuat maknanya tersampaikan dengan baik kepada para pendengar. Bahkan orang yang membaca juga akan mendapatkan sebuah energi positif seperti semangat yang tidak pernah padam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.