10 Tempat Wisata Terbaik di Sekitar Purwokerto (Update 2022)

Tempat-Wisata-Terbaik-di-Sekitar-Purwokerto

Berlibur di Purwokerto dan sekitarnya adalah pilihan yang patut kamu pertimbangkan. Kota yang tenang ini tidak hanya populer dengan mendoannya. Namun, Purwokerto juga tersohor berkat beragam wisata alamnya yang menakjubkan. Cocok sekali untuk refreshing ketika sedang penat dengan aktivitas sehari-hari. Sebagai referensi, kami akan ulas 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di sekitar Purwokerto khusus untukmu. Cek daftarnya dan bersiaplah mengunjungi salah satunya! Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di sekitar Purwokerto:

1. Lokawisata Baturraden

Lokawisata Baturraden (kredit foto: instagram.com/explorejateng_/)
LokasiLokawisata, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin – Jumat, 07.00 – 15.30 WIB Sabtu – Minggu, 07.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00/orang (weekday) Rp25.000,00/orang (weekend) (anak usia 3 tahun ke atas membayar penuh)
Rating ulasan4,5/5.0 – 19.563 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto30 menit (13,4 km) via Jl. Baturaden
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam renang papan luncur, waterpark, sepeda air, Taman Tirta Ria, pemandian air hangat, spot selfie, teater alam Baturraden, air terjun.

Lokawisata Baturraden berada di kaki Gunung Slamet. Udaranya sejuk dan segar sehingga asyik sekali untuk refreshing. Lokawisata Baturraden cocok untuk menjadi pilihan tempat wisata bersama keluarga atau teman-teman terbaikmu. Pemandangannnya sangat asri. Ada area perbukitan, pepohonan hijau, serta taman yang cantik. Selain itu, banyak wahana menarik yang dijamin bikin kamu betah berlibur di tempat ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Lokawisata Baturraden adalah sejak pagi hari. Kamu bisa puas melakukan berbagai aktivitas seru selama seharian penuh:

  • Berenang di kolam renang dan waterpark.
  • Berkeliling danau dengan sepeda air.
  • Berendam di pemandian air hangat.
  • Menyaksikan pertunjukan film di Teater Alam Baturraden berbentuk pesawat.
  • Bermain air di air terjun Pancuran 3.

Tidak perlu khawatir soal fasilitas. Pengelola Lokawisata Baturraden sudah menyediakan banyak sekali fasilitas pendukung, seperti:

  • Toilet dan kamar mandi.
  • Warung makan.
  • Area parkir yang luas.
  • Musala.
  • Pusat informasi.

Lokawisata Baturraden berjarak sekitar 30 menit dari pusat kota Purwokerto. Akses jalannya pun sudah bagus untuk dilalui dengan mobil maupun sepeda motor. Namun, tetap harus berhati-hati karena ada beberapa jalan yang menanjak tajam. Angkutan umum juga tersedia dari Terminal Purwokerto dengan tujuan langsung ke Terminal Lokawisata Baturraden.

2. The Village Purwokerto

The Village Purwokerto (kredit foto: instagram.com/thevillage_purwokerto/)
LokasiDusun I, Rempoah, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaRabu – Senin, 08.00 – 17.00 WIB (Selasa tutup)
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00/orang
Rating ulasan4,3/5.0 – 9.448 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto16 menit (6,4 km) via Jl. Profesor DR. HR Boenyamin.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataTaman bermain anak, danau dengan perahu dayung, taman santai, spot selfie, mini zoo.

Kalau kamu mencari tempat wisata yang unik dan kekinian di Purwokerto, maka pergilah ke The Village. The Village Purwokerto menawarkan suasana wisata yang unik ala Eropa. Berlokasi di Kecamatan Baturaden, The Village bisa dicapai dengan menggunakan kendaraan pribadi, angkutan umum, maupun ojek online. Sesampainya di The Village, kamu akan disambut oleh bangunan-bangunan yang tinggi dan megah. Warna merah bata mendominasi tembok-tembok bangunannya. Kesan elegan, mewah, dan klasik sangat terasa. Spot-spot di ruang terbukanya pun dibuat layaknya di kampung Eropa.

Berdiri di atas lahan seluas 2,8 hektar, kamu bisa menikmati banyak hiburan yang menarik. Ada danau kecil dengan jembatan yang eye-catching. Pengunjung bisa berkeliling danau tersebut dengan menggunakan perahu. Pengelola juga menyediakan area taman yang asri dan tertata rapi. Kamu bisa bersantai dan berfoto di taman. Selain itu, ada juga taman untuk tempat bermain anak. Taman bermain anak dilengkapi dengan beberapa wahana yang menguji ketangkasan. Jangan lewatkan untuk mengunjungi taman kelinci, bird dome, dan mini zoo. Kamu bisa berinteraksi dan memberi makan hewan-hewan di sana.

Kalau sudah puas berkeliling, wajib mengunjungi area foodcourt. Foodcourt menjadi salah satu fasilitas yang populer di The Village. Ada banyak tenant-tenant yang menawarkan beragam pilihan menu, dengan harga yang masih sangat terjangkau.

3. New Small World (Taman Miniatur Dunia)

New Small World (Taman Miniatur Dunia) (kredit foto: instagram.com/kholis.nugroho)
LokasiJl. Raya Baturaden Barat No.270, Ketenger, Dusun Karangmangu, Kec. Baturaden, Purwokerto, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00/orang (HTM untuk pengunjung usia 3 tahun ke atas)
Rating ulasan4,2/5.0 – 7.869 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto25 menit (12 km) via Jl. Raya Baturaden Bar. Karangtengah
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataMiniatur landmark berbagai negara dan rumah adat nusantara, playground, kolam D’Ciblon.

Liburan di Purwokerto, tetapi serasa keliling dunia? Bisa! Coba deh kunjungi New Small World. Lokasinya masih berada di dalam Kawasan Wisata Baturraden. Tempat yang juga mendapat julukan sebagai Taman Miniatur Dunia ini memang sangat unik. Pengunjung tidak hanya dimanjakan dengan taman yang asri berlatar pegunungan. Namun, ada banyak sekali miniatur landmark dari berbagai negara. Begitu juga dengan miniatur rumah adat nusantara. Semuanya menarik dipandang mata dan keren untuk dijadikan latar berfoto. Beberapa miniatur yang ada di New Small World ini, antara lain:

  • Patung Merlion Singapura.
  • Menara Eiffel.
  • Taman Bunga Tulip dan Kincir Angin Belanda.
  • Piramida Mesir.
  • Menara Pisa Italia.
  • Menara Petronas Malaysia.
  • Monas.
  • Patung Liberty.
  • Tembok Besar Cina.
  • Rumah adat Honai Papua.
  • dll.

Untuk yang membawa anak-anak, selain mendapat edukasi dari miniatur dunia, mereka juga bisa bermain sepuasnya. Ada fasilitas playground dan kolam D’Ciblon yang menjadi spot favorit. Fasilitas lain seperti toilet, musala, gazebo, area parkir, spot foto, dan café juga bisa kamu jumpai dengan mudah di sini.

Rute tercepat menuju ke New Small World dari pusat kota Purwokerto bisa melalui Jalan Raya Baturraden Barat. Akses jalannya sudah bagus dan bisa dilewati dengan kendaraan pribadi. Kalau lalu lintas lancar, kamu bisa tiba dalam waktu kurang lebih 25-30 menit.

4. Taman Balai Kemambang

Taman Balai Kemambang (kredit foto: instagram.com/infobanyumasan/)
LokasiJl. Karang Kobar No.9, Glempang, Bancarkembar, Kec. Purwokerto Utara, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 09.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang (dewasa) Rp2.500,00/orang (anak)
Rating ulasan4,4/5.0 – 5.408 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto5 menit (2 km) via Jl. Ksatrian
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam ikan, taman bermain anak.

Taman Balai Kemambang adalah tempat wisata yang cukup populer di Purwokerto. Taman ini merupakan ruang terbuka hijau yang lokasinya berada di pusat kota. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum untuk sampai ke Balai Kemambang.

Daya tarik utama Taman Balai Kemambang adalah kolam buatan sedalam 1,6 meter yang terdapat di bagian tengah taman. Di kolam ini ada banyak ikan-ikan air tawar dengan warna-warna yang cantik. Pengunjung taman diperbolehkan untuk memberi makan ikan-ikan tersebut.

Kamu bisa rekreasi dengan nyaman karena fasilitas yang tersedia sudah memadai. Ada toilet, foodcourt, musala, jogging track, dan area parkir. Untuk anak-anak juga tersedia taman bermain yang lengkap dengan ayunan, jungkitan, hingga perosotan. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Taman Balai Kemambang adalah menjelang sore hari. Selain cuaca sudah tidak terlalu terik, kamu bisa sekalian menikmati senja di taman ini.

5. Kebun Raya Baturraden

Kebun Raya Baturraden (kredit foto: instagram.com/sisialam.nusantara)
LokasiJl. Pancurantujuh – Wanawisata Baturraden, Purwokerto, Dusun III Berubahan, Kemutug Lor, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang (HTM reguler) Rp25.000,00/orang (HTM terusan)
Rating ulasan4,3/5.0 – 2.263 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto33 menit (15 km) via Jl. Raya Baturaden
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataLaboratorium anggrek, rumah kaca, Air Terjun Pancuran 3 – Pancuran 7, Telaga Sunyi.

Kebun Raya Baturraden cocok menjadi tempat wisata edukasi untuk kamu yang ingin liburan sambil mengenal berbagai macam tanaman. Pemandangannya masih sangat alami di tengah hutan pinus. Udaranya pun sangat sejuk. Ada sekitar 3.194 spesimen tanaman dan 703 spesies tanaman di lahan seluas 143,5 hektar. Sebagian besar sudah dilengkapi dengan papan nama tanaman. Jadi, tiap pengunjung bisa dengan mudah mengenali tanaman-tanaman koleksi Kebun Raya Baturraden. Tidak ketinggalan ada rumah kaca, rumah pembibitan, dan laboratorium Anggrek yang menjadi daya tarik lainnya.

Pengelola sudah menyediakan beberapa fasilitas seperti toilet, musala, area parkir, tempat makan, penginapan, dan aula. Tersedia juga camping ground untuk kamu yang ingin berkemah di kawasan kebun raya. Kalau masih bingung dengan arah dan spot-spot menarik di Kebun Raya Baturraden, maka ada pusat informasi yang bisa kamu tuju.

Di beberapa titik, kamu bisa menemukan fasilitas permainan seru. Mulai dari jungkat-jungkit, ayunan, taman labirin, dan arena panahan. Untuk yang berjiwa petualang, ada Air Terjun Pancuran 3 – Pancuran 7 dan Telaga Sunyi. Kamu bisa trekking santai ke sana sembari menikmati suasana di alam terbuka. Jangan lupa, siapkan energi dan gunakan alas kaki yang nyaman.

6. Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden

Hutan Pinus Limpakuwus Baturaden (kredit foto: instagram.com/hutanpinuslimpakuwuss)
LokasiArea Sawah, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00/orang
Rating ulasan4,6/5.0 – 2.065 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto37 menit (16,8 km) via Jl. Raya Baturaden
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWahana trampolin anak, ATV, spider web, jembatan gantung, playground, hutan pinus, kereta wisata, spot foto.

Ingin berwisata di tengah hutan pinus yang asri? Tujulah Hutan Pinus Limpakuwus yang populer di Banyumas. Tempatnya cocok untuk rekreasi bersama keluarga, teman, atau pasanganmu. Lokasi Hutan Pinus Limpakuwus berada di dataran tinggi Gunung Slamet. Suasananya masih sangat alami dan asri. Sejauh mata memandang, kamu bisa menikmati deretan pohon-pohon pinus yang tinggi dan rindang. Hawa di sekitarnya juga sangat sejuk. Pada waktu-waktu tertentu, kabut tipis akan menyelimuti kawasan hutan ini sehingga terlihat semakin eksotis.

Ada beberapa wahana pendukung yang sudah disiapkan oleh pengelola. Beberapa wahananya bahkan ramah untuk anak-anak. Ada arena ATV, selfie deck, jembatan gantung, kereta wisata, wahana trampolin untuk anak, hingga playground.

Fasilitas yang tersedia di Hutan Pinus Limpakuwus ini juga sudah memadai. Tersedia toilet, musala, warung makan, cottage,dan area parkir. Bahkan, ada juga area camping yang cukup luas dan nyaman. Cocok sekaliuntuk kamu yang ingin lebih lama bersantai di Hutan Pinus Limpakuwus. Hutan Pinus Limpakuwus memang populer sebagai tempat camping terbaik di sekitar Purwokerto favorit para pencinta campers. Dengan segala kelebihannya, hutan pinus ini selalu ramai dengan para campers dan pencinta alam yang ingin berkemah.

Dari pusat kota Purwokerto, akses jalan menuju ke Hutan Pinus Limpakuwus sudah teraspal bagus. Kamu bisa menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Namun, tetap berhati-hati karena ruas jalannya tidak terlalu lebar, serta banyak tikungan dan tanjakan.

7. Curug Bayan

Curug Bayan (kredit foto: instagram.com/curug_bayan)
LokasiDusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30 – 16.30 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000,00/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 1.830 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto25 menit (13,1 km) via Jl. Raya Baturaden
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataAir terjun, spot foto, kolam kecil.

Curug Bayan adalah alternatif selanjutnya untuk tempat wisata terbaik di Purwokerto. Akses menuju ke curug ini cukup mudah. Dari pusat kota Puwokerto jalannya sudah teraspal bagus. Kemudian, dari area parkir ke spot air terjunnya pun, kamu tidak perlu berjalan terlalu jauh.

Daya tarik dari Curug Bayan ada pada ketinggiannya yang hanya sekitar 7 meter. Namun, pesona alam sekitarnya dijamin akan membuatmulebih rileks setelah berkunjung ke sana. Tidak hanya sekadar menikmati panorama air terjun, kamu juga bisa mandi dan berenang di Curug Bayan. Aliran air terjunnya tidak terlalu deras. Selain itu, ada kolam di bagian bawah yang luasnya sekitar 200 m2, dengan kedalaman 2-5 meter. Airnya jernih dan segar. Ada beberapa batu alam berukuran kecil hingga sedang yang menambah kesan eksotis. Nuansa sejuk pun makin terasa dengan banyaknya pohon-pohon dan tanaman merambat yang tumbuh di sekitar tebing.

Pengelola Curug Bayan sudah menyediakan fasilitas untuk kenyamanan pengunjungnya, antara lain:

  • toilet
  • warung makan
  • musala
  • gazebo
  • area parkir

Kamu juga bisa bermalam di penginapan yang disediakan oleh pengelola Curug Bayan. Yang paling populer adalah Wisma Curug Bayan. Wisma ini berdiri di atas Sungai Banjaran, tidak jauh dari Curug Bayan. View-nya menghadap langsung ke Curug Bayan dan Dam Jepang. Pastinya akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu di tengah alam yang menenangkan di Curug Bayan.

8. Telaga Sunyi

Telaga Sunyi (Kredit foto: instagram.com/radityohari/)
LokasiM6VV+474, Sawah & Hutan, Limpakuwus, Kec. Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00/orang
Rating ulasan4,5/5.0 – 1.633 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto33 menit (16,1 km) via Jl. Raya Baturaden
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpot snorkeling

Sesuai namanya, suasana di telaga ini tergolong sunyi. Cukup tenang untuk menjadi tempat healing untuk kamu yang sedang penat. Telaga Sunyi memiliki pesona yang sangat unik. Air di telaganya jernih, dengan warna hijau toska kebiruan. Saking jernihnya, kamu bisa menyelam ke dasar kolam untuk melihat suasana di bawah dan berfoto. Namun, jangan terlena, ya. Air yang jernih ini membuat telaga terlihat seperti dangkal. Padahal, kedalaman sesungguhnya mencapai 3 meter. Bagi kamu yang tidak terlalu mahir berenang, maka tidak disarankan masuk ke dalam telaga.

Banyak aktivitas menarik lainnya yang juga bisa kamu lakukan di sekitar Telaga Sunyi. Kamu bisa duduk santai di pinggir telaga. Nikmati suasana yang tenang, dengan gemercik air dan suara serangga hutan yang khas. Untuk yang senang berpetualang, kamu bisa menjelajahi gua yang ada di sisi telaga. Gua sepanjang 6 meter ini didominasi dengan berbatuan lumut. Tidak perlu takut tersesat karena ada pemandu khusus untuk menjelajahi gua ini. Untuk fasilitas di Telaga Sunyi, pengelola setempat sudah menyediakan toilet, musala, ruang ganti, dan tempat istirahat.

Telaga Sunyi bisa dicapai dengan mobil ataupun sepeda motor melalui akses jalan yang sudah bagus. Selanjutnya, dari area parkir, kamu masih harus berjalan kaki sedikit untuk sampai ke Telaga Sunyi. Perjalanan tidak terasa melelahkan karena kamu akan disuguhkan pemandangan yang memesona. Mulai dari padang rumput, sungai kecil, serta area persawahan warga.  

9. Bendungan Gerak Serayu

Bendungan Gerak Serayu (kredit foto: instagram.com/antoniedik)
LokasiBendungan gerak serayu, Area Sawah/Kebun, Gambarsari, Kec. Rawalo, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 20.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)
Rating ulasan4,2/5.0 – 1.307 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto29 menit (15,7 km) via Jl. Gumilir – Purwokerto
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSungai Serayu, view perbukitan

Kalau kamu mencari tempat wisata gratis dengan pemandangan yang cantik, maka kunjungilah Bendungan Gerak Serayu. Akses jalan menuju Bendungan Gerak Serayu ini sudah cukup bagus. Kamu bisa mencapainya hanya dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota.

Bendungan Gerak Serayu adalah bendungan terbesar di Indonesia yang berada di jalur Purwokerto – Cilacap. Awalnya, bendungan ini dibangun untuk tujuan irigasi saja. Namun, setelah ditata sedemikian rupa, Bendungan Gerak Serayu akhirnya juga menjadi kawasan wisata yang menarik.

Di tempat ini, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan Sungai Serayu. Semilir angin yang berembus terasa nyaman sekali. Di kejauhan, terlihat kawasan perbukitan yang sangat cantik. Banyak yang datang menjelang sore hari untuk menikmati senja.

Selain bersantai, kawasan Bendungan Gerak Serayu ini juga kerap dituju untuk aktivitas bersepeda dan jogging. Pilihan yang asyik, ya. Di tengah alam yang memesona, ternyata kamu juga bisa menenangkan diri sembari berolahraga. Kalau lelah, mampirlah ke warung-warung yang banyak buka di sekitar bendungan. Kamu bisa mencicipi berbagai menu yang enak dan murah di sana.

10. Air Terjun Curug Cipendok

Air Terjun Curug Cipendok (kredit foto: instagram.com/tomisul)
LokasiDusun II Lebaksiu, Karanganyar, Karangtengah, Kec. Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00/orang Rp3.000,00/sepeda motor Rp5.000,00/mobil
Rating ulasan4,4/5.0 – 1.139 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Purwokerto45 menit (24,3 km) via Jl. Ajibarang – Purwokerto/Jl. Ajibarang Secang/Jl. Bumiayu-Purwokerto/Jl. Raya Tegal – Purwokerto dan Jl. Curug Cipendok.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataHutan alam, camping ground, Telaga Pucung.

Curug Cipendok layak dituju kalau kamu ingin liburan dengan pemandangan air terjun yang menawan. Cocok untuk tempat bersantaimelepas kepenatan. Pesona Curug Cipendok ada pada ketinggian air terjunnya yang mencapai 92 meter. Dari kejauhan, jatuhan air dari curug ini sudah terlihat memesona. Selain itu, curug ini dikelilingi hutan yang rimbun sehingga hawa di sekitarnya menjadi sangat sejuk.

Dari area parkir, kamu masih harus berjalan kaki lagi sekitar 15-20 menit untuk menuju ke spot air terjunnya. Namun, jangan khawatir. Pemandangan di sepanjang jalannya sudah sangat memanjakan mata. Ada beberapa perkebunan sayur milik warga dan sungai-sungai kecil. Setibanya di sana, kamu bisa langsung bermain air maupun bersantai sembari menyantap bekal. Jangan lupa mengabadikan momen terbaik berlatar air terjun yang indah. Jangan khawatir soal fasilitas karena sudah cukup memadai. Ada toilet, musala, warung makan, jungle track, arena bermain anak, menara pandang, serta camping ground.

Lokasi Curug Cipendok berada sekitar 45 menit dari pusat kota Purwokerto. Kamu harus menggunakan kendaraan pribadi karena tidak ada transportasi umum yang rutenya langsung ke curug ini. Akses menuju ke Curug Cipendok sudah teraspal bagus. Namun, medannya lumayan berliku, banyak tanjakan serta turunan curam. Kendaraanmu harus dipastikan dalam kondisi prima agar kuat sampai ke tujuan.

Itulah 10 tempat wisata terbaik di sekitar Purwokerto. Ada yang lokasinya berada di dataran tinggi, hutan pinus, dan air terjun. Bahkan, tanpa perlu jauh-jauh, kamu bisa rekreasi di ruang terbuka hijau yang ada di pusat kota. Menarik sekali, ‘kan? Jadi, kapan kamu liburan ke Purwokerto? Ajak teman, keluarga, atau pasanganmu untuk rehat sejenak dari rutinitas. Jangan lupa, tetap patuhi protokol kesehatan, ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.