10 Tempat Wisata Terbaik di Sumatera Utara yang Lagi Hits (2022)

Tempat-Wisata-Terbaik-di-Sumatera-Utara-yang-Lagi-Hits

Sumatera Utara dan Danau Toba memang tak bisa dipisahkan. Akan tetapi, masih banyak tempat wisata di Sumatera Utara yang wajib untuk kamu kunjungi. Ada tempat wisata sejarah, edukasi sampai wisata alam pun kamu kunjungi. Misalnya Istana Maimun yang sarat akan budaya hingga Pantai Pandan Tapteng yang menyajikan keindahan sunset yang eksotis. Tertarik? Berikut 10 rekomendasi tempat wisata terbaik di Wonosobo:

1. Istanah Maimun

Istanah Maimun (kredit foto: instagram.com/ainun.nurmansyah/)
LokasiJl. Brigjend Katamso No. 66, A U R, Medan Maimun, Medan, Sumatera Utara (Cek di Google Maps).
Jam bukaSabtu—Kamis: 08.00—17.00 WIB.
Jumat: 08.00—12.00 WIB dan 14.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000—Rp10.000.
Rating ulasan4.4/5.0 – 17.110 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan11 menit (3,8 km) via Jl. Imam Bonjol.
13 menit (4,4 km) via Jl. Sei Deli dan Jl. Imam Bonjol.
15 menit (3,9 km) via Jl. Palang Merah.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataAlunan musik khas Melayu. Koleksi sejarah, seperti Meriam Puntung. Penyewaan baju adat.

Kalau kamu suka dengan arsitektur sekaligus sejarah di Indonesia, Istana Maimun bisa menjadi pilihan wisata yang tepat. Ini karena Istana Maimun memiliki perpaduan arsitektur antar Indonesia, Persia, Eropa.

Istana Maimun sendiri adalah istana peninggalan dari Kerajaan Deli yang dipimpin oleh Sultan Al Rasyid Perkasa Alamsyah (1973). Istana ini kemudian dibangun tanggal 26 Agustus 1988 dan diarsiteki oleh Theodore Van Erp dan selesai tanggal 18 Mei 1971.

Bangunan yang memiliki 30 ruangan dan luas bangunan mencapai 772 m2 ini memiliki ruangan utama seluas 412  m2. 2 bagian lain dari istana yang didominasi oleh warna kuning ini adalah sayap kanan dan kiri. Sayangnya, bagian yang dibuka untuk umum hanyalah ruangan utama, sedangkan sayap kanan dan kiri untuk acara adat.

Selain arsitektur, ada yang menarik dari Istana Maimun, di antaranya:

  • Meriam Puntung atau meriam yang dikeramatkan di Istana Maimun.
  • Pemusik yang senantiasa menyanyikan dan memainkan music khas Melayu.
  • Menyewa baju adat.

Kalau kamu ke sini, kamu harus melepas alas kaki untuk masuk ke istana. Selain itu, kamu tidak boleh membawa makanan ke dalam istana untuk menjaga kebersihan di Istana Maimun.

Jadi, tertarik berwisata ke Istana Maimun?

2. Bukit Indah Simarjarunjung

Wisata-Sumatera-Utara---Bukit-Indah-Simarjarunjung
Bukit Indah Simarjarunjung (kredit foto: instagram.com/ymelinda95/)
LokasiJl. Simarjarunjung, Butu Bayu Pane Raja, DOlok, Pardamean, Simalungun, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00—18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000—Rp30.000. 
Rating ulasan4.3/5.0 – 6.422 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan3 jam 43 menit (166,9 km) via Jl. Tol Medan – Kuala Namu – Tebing Tinggi dan Jl. Medan – Pematang Siantar
4 jam 1 menit (133,8 km) via Jl. Jamin Ginting.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots foto. Penyewaan wahana, seperti sepeda gantung dan becak. Camping ground. Ayunan gantung. Flying fox.

Buat kamu yang suka berkemah, Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) bisa jadi pilihan tepat. Bukit Indah Simarjarunjung (BIS) menjadi salah satu dari 10 tempat camping di Sumut yang menawarkan spot sunset dan sunrise yang memesona. Kamu juga bisa melihat pemandangan Danau Toba dan Pulau Samosir dari atas bukitnya.

Lalu, berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk berkemah? Untuk kemah, kamu akan dikenai biaya sekitar Rp30.000 per tendanya. Kamu hanya perlu melapor dulu ke penjaga atau pengelola BIS sebelum berkemah.

Pasalnya, pengelola Bukit Indah Simarjarunjung sudah menyediakan penginapan yang bisa kamu gunakan. Jadi, lebih baik untuk mengkonfirmasi dulu ke pengelola ya.

Tidak hanya camping, kamu bisa melakukan beberapa hal menarik seperti berikut ini di Bukit Indah SImarjarunjung:

  • Berfoto di spots foto yang tersedia.
  • Memotret pemandangan sekitar misalnya Danau Toba.
  • Berayun di ayunan gantung.
  • Bermain flying fox sejauh 100 meter. 

For your information, untuk wahana dan spots foto tertentu seperti sepeda gantung, becak, pohon cinta, perahu, ada biaya tambahannya. Besar biayanya berbeda-beda, misalnya untuk pohon cina, kamu akan dikenai biaya sekitar Rp5.000. Sedangkan untuk naik wahana seperti sepeda gantung, dikenai biaya tambahan sekitar Rp20.000-Rp30.000.

Bagaimana tertarik untuk wisata ke Bukit Indah Simarjarunjung? Kalau belum, next yuk ke tempat destinasi selanjutnya!

3. Mikie Funland

Mikie Funland (kredit foto: instagram.com/zaareza04/)
LokasiJl. Jamin Ginting, Semapajaya, Berastagi, Karo, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSabtu—Minggu, 10.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Pengunjung dengan tinggi badan < 90 cm dan orang tua berusia di atas 55 tahun: Rp0
Orang tua usia 50-55 tahun: Rp40.000
Selain ketentuan di atas, HTM: Rp95.000.
Rating ulasan4.6/5.0 – 6.239 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan2 jam 5 menit (61,6 km) via Jl. Jamin Ginting. 2 jam 14 menit (60,4 km) via Jl. Sugau dan Jl. Jamin Ginting.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWahana bermain. Spots foto.

Mikie Funland bisa jadi solusi untuk kamu yang ingin berwisata dan menikmati berbagai macam wahana. Mulai dari wahana ekstrem seperti Jurassic Tree dan Jelly Swing hingga wahana untuk anak-anak seperti Bubble Cap.

Masing-masing wahana yang ada di Mikie Funland memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Misalnya untuk Koomba Dance, wahana ini bisa dinaiki oleh kamu yang memiliki tinggi minimal 100 cm. Dengan begitu, setiap pengunjung akan merasa aman dan nyaman saat menaiki wahana.

For your information, Mikie Funland sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan ketentuan unik lain. Ketentuan tersebut berkaitan dengan tiket dan jam operasional. Misalnya, kalau kamu anak kamu memiliki tinggi di bawah 90 cm, maka bisa langsung masuk tanpa tiket.

Sedangkan untuk operasionalnya, Mikie Funland punya jam operasional yang berbeda setiap bulannya. Misalnya di bulan April, Mikie Funland hanya buka pada:

  • Setiap hari Minggu, tanggal 15 dan 30 April.
  • Khusus tanggal 1, 2, 9, 16 dan 23, hanya Atlantis saja yang buka.

Karena hal tersebut, cek dulu website Mikie Funland atau media sosialnya untuk tahu jam bukanya ya.

Yuk, lanjut ke tempat wisata selanjutnya!

4. Danau Toba

Danau Toba (kredit foto: Didit Aja)
LokasiSumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp5.000.
Rating ulasan4.6/5.0 – 5.569 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan3 jam 25 menit (169,3 km) via Jl. Tol Medan – Kuala Namu – Tebing Tinggi, Jl. Medan – Pematang Siantar dan Jl. Lintas Sumatera.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataWahana air seperti banana boat. Rumah khas Batak Pak-pak. Taman Wisata Iman. Camping ground.

Ada Sumatera, ada Danau Toba. Karena itu, kurang afdol kalau berbicara tentang tempat wisata di Sumatera tanpa Danau Toba.

Danau Toba memiliki panjang sekitar 100 km dengan lebar sekitar 30 km. Karena hal tersebut, ada beberapa titik untuk mengunjungi danau yang punya kedalaman 5.060 m ini. Salah satunya adalah Parapat atau lebih lengkapnya di Jl. Siborong Borong – Parapat, Sibaganding, Girsang SIpangan, Bolon, Simalungun, Sumatera Utara.

Parapat ini sendiri, banyak disarankan untuk tempat bersinggah saat kamu ke Danau Toba dari arah Meda. Untuk sampai di Parapat, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam 25 menit. Kemudian, kalau kamu ingin ke Pulau Samosir, kamu bisa naik kapal feri dari Pelabuhan Ajibata.

Lalu, apa yang menarik di Danau Toba? Ada beberapa hal menarik yang bisa kamu lakukan di Danau Toba dari Parapat, di antaranya:

  • Menaiki wahana air seperti banana boat.
  • Melakukan paralayang, kayaking, rafting, trekking, hiking.
  • Mengunjungi Taman WIsata Iman di Bukit Sitinjo.
  • Memancing.
  • Melakukan off-road.
  • Berkemah.
  • Berfoto atau memotret keindahan landscape di sekitar Danau Toba.

Kalau kamu tertarik liburan ke Danau Toba dan ingin menikmati festival di sekitar danau, kamu bisa datang pada bulan September—November. Sedangkan kalau ingin liburan tanpa diganggu hujan, kamu bisa datang saat bulan Mei—September.

Jadi, sudah siap untuk liburan ke Danau Toba?

5. Wisata Sipinsur

Wisata Sipinsur (kredit foto: instagram.com/wijayainsta/)
LokasiParulohan, Paranginan, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00—16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp1.000.
Rating ulasan4.6/5.0 – 3.827 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan5 jam 26 menit (265,7 km) via Jl. Tol Medan – Kuala Namu – Tebing Tinggi
6 jam 11 menit (242,4 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataArea outbound. Camping area. Spots foto. Playground.

Ingin menikmati keindahan Danau Toba dari sisi lain? Kamu bisa datang langsung ke Wisata Sipinsur. Di kawasan yang berada di ketinggian 1.213 mdpl ini, kamu bisa menikmati landscape Danau Toba yang indah.

Lalu, apa daya Tarik dari Wisata Sipinsur? Ada beberapa hal menarik di tempat ini selain keindahan Danau Toba, di antaranya:

  • Keindahan dan keasrian hutan pinus.
  • Berfoto atau memotret dari gardu pandang.
  • Bermain di playground.
  • Camping.
  • Trekking dan hiking.

Ingin segera mengunggah hasil jepretan kamu ke cloud atau media sosial? Bisa banget karena pengelola Wisata Sipinsur sudah menyediakan fasilitas seperti internet. Jadi, kamu tak perlu menunggu sampai Medan untuk mengunggah foto.

Bagaimana dengan aksesnya? Aksesnya sudah cukup baik apalagi, kalau kamu ingin trekking ke bukit. Ini karena pengelola sudah membangun anak tangga dilengkapi dengan pegangan besi di kiri kanannya agar jalur pendakian tetap aman.

Kalau kamu hendak ke Wisata Sipinsur, kamu perlu menunjukkan bukti vaksinasi. Dengan begitu, kamu dan pengunjung lain bisa tetap berwisata dengan aman.

Bagaimana? Tertarik untuk ke Geosite Sipinsur saat liburan nanti? Jika iya, persiapkan kebutuhan kamu dari sekarang ya.

6. Taman Alam Lumbini

Taman Alam Lumbini (kredit foto: instagram.com/tamanalamlumbini/)
LokasiJl. Barusjahe, Dolat Rayat, Dolat Rayat, Karo, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp0.
Rating ulasan4.4/5.0 – 3.137 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan1 jam 42 menit (60,4 km) via Jl. Jamin Ginting. 1 jam 54 menit (59,2 km) via Jl. Sugau dan Jl. Jamin Ginting.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPenyewaan hanbok. Wishing tree. Playground.

Tak perlu jauh-jauh ke Shwedagon Pagoda yang ada di Myanmar, Indonesia punya Taman Alam Lumbini, Sumatera Utara. Sama seperti Shwedagon Pagoda, tempat wisata yang selesai dibangun tahun 2010 ini juga memiliki patung Budha. Fakta menarik lainnya dari Taman Alam Lumbini, yaitu:

  • Tercatat di rekor MURI sebagai pagoda tertinggi di Indonesia dengan panjang 68 meter, lebar 68 meter dan tinggi 46,8 meter.
  • Merupakan replika Pagoda nomor 2 yang ada di Asia Tenggara.
  • Banyak patung biksu.
  • Ada pohon permohonan, yaitu Wishing Tree.
  • Lumbini itu sendiri merupakan taman tempat kelahiran Budha.
  • Terdapat vegetarian restaurant.
  • Bebas tiket masuk tapi kamu bisa berdonasi secara sukarela.

Saat kamu berwisata di Taman Alam Lumbini, kamu tidak hanya bisa berwisata religi, tapi juga bisa melakukan hal berikut:

  • Memotret keindahan landscape Taman Alam Lumbini.
  • Membuat permohonan dan menggantungkannya di Wishing Tree.
  • Bermain di playground.
  • Menyewa hanbok (baju tradisional Korea) dan berfoto.
  • Berjalan-jalan di taman yang ada di sekitar Taman Alam Lumbini.
  • Membeli aneka sayur dan buah organik.

Kalau kamu tertarik untuk ke Taman Alam Lumbini, kamu dilarang membawa makanan, minuman, korek dan rokok. Kalau pun kamu lapar atau haus, ada kafetaria yang bisa kamu kunjungi kok.

Jadi, tertarik untuk berwisata ke Taman Alam Lumbini?

7. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum (kredit foto: Debby Subakti)
LokasiJl. S. Parman No. 309, Petisah Hulu, Medan Baru, Medan, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00—17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Anak usia di bawah 3 tahun: Rp0.Di atas usia 3 tahun: Rp75.000 (sudah termasuk snack).
Rating ulasan4.6/5.0 – 2.365 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan7 menit (2,6 km) via Jl. S. Parman. 8 menit (2,6 km) via Jl. Nibung Raya.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataNight safari. Koleksi dari olahragawan, musisi, tokoh film dunia.  Koleksi satwa, baik dalam bentuk kerangka atau yang diawetkan.

Ingin mencoba berwisata di tempat yang tidak biasa? Kamu bisa coba ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery. Sesuai namanya, kamu bisa melihat berbagai macam satwa liar mulai dari kerangka hingga satwa yang diawetkan secara legal.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery sendiri merupakan museum yang didirikan oleh pemburu profesional bernama Dr. H. Rahmat Shah. Museum ini menggunakan conservation by utilization dengan standar untuk pencegahan kepunahan serta peningkatan populasi satwa liar di habitat aslinya.

Museum yang dibangun tanggal 14 Mei 1991 ini memiliki 3 lantai dengan konsep yang berbeda-beda, yaitu:

  • Lantai 1: koleksi burung (Pheasants of The World), beruang (Bear Room), African Big Five, Goats of Mountain, Cats of The World.
  • Lantai 2: koleksi serangga dan kerangka, harimau, komodo, ular kobra raja, burung mambruk.
  • Lantai 3: koleksi foto dan barang pribadi dari olahragawan dan tokoh film dunia. Misalnya sarung tinju dengan tanda tangan Muhammad Ali dan Mike Tyson.

Uniknya, di Museum Rahmat ini ada safari night. Kamu akan diajak mengunjungi ruangan yang dibuat khusus dengan suasana khas malam hari dan di tengah hutan.

Jadi, berencana untuk berwisata ke Rahmat International Wildlife Museum & Gallery?

8. Air Terjun Sipiso-Piso

Air Terjun Sipiso-Piso (kredit foto: instagram.com/ampas_kopi17/)
LokasiPengambaten, Merek, Karo, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Anak-anak: Rp5.000.Dewasa: Rp7.500.
Rating ulasan4.5/5.0 – 2.358 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan3 jam 42 menit (103,7 km) via Jl. Jamin Ginting.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataGardu pandang.

Air Terjun Sipiso-Piso bisa dibilang sebagai hidden gem di Sumatera Utara. Ini karena tempat wisata yang ada di ketinggian 1.860 mdpl ini dikelilingi oleh pegunungan. Tidak hanya itu, dari sini, kamu bisa melihat indahnya pegunungan dan Danau Toba.

Akan tetapi, kamu perlu usaha ekstra untuk sampai ke air terjun setinggi 120 meter ini. Kamu harus melewati jalanan menanjak dan meniti sekitar 500 anak tangga. Butuh waktu sekitar 40—60 menit untuk sampai ke air terjun.

Tenang saja, usaha kamu tidak akan sia-sia kok. Kamu bisa menikmati segarnya air terjun yang berasal dari aliran sungai Pajanabolon. Tidak hanya itu, kamu bisa menikmati keindahan Danau Toba, hamparan Tanah Karo dan Pulau Samosir dari atas.

Kalau sehari rasanya belum puas menikmati indahnya Air Terjun Sipiso-Piso, kamu bisa berkemah di camping ground yang disediakan. Jangan lupa untuk melakukan konfirmasi ke petugas di Air Terjun Sipiso-Piso ya.

Oh ya, kalau kamu lupa membawa kamera atau memori kamu habis karena terlalu banyak memotret, ada jasa foto. Kamu hanya perlu membeli hasil jepretan dari fotografer yang ada di sini baik dalam bentuk softcopy ataupun hardcopy.

Untuk fasilitasnya sendiri, kawasan Air Terjun Sipiso-Piso sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari akses jalan, toilet, gazebo hingga musala.

Jadi, ingin mencoba berlibur di Air Terjun Sipiso-Piso? Kalau iya, jangan lupa persiapkan stamina kamu ya!

9. Aek Sijornih

Aek Sijornih (kredit foto: instagram.com/aek_sijorni/)
LokasiSimpang Tolang, Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00—18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Anak-anak: Rp20.000. Dewasa: Rp25.000.
Rating ulasan4.2/5.0 – 2.365 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan10 jam 9 menit (416,2 km) via Jl. Lintas Sumatera.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots foto. Waterpark.

Kalau Air Terjun Sipiso-piso terlalu susah untuk kamu jangkau, kamu bisa langsung ke Aek Sijornih. Di tempat ini, kamu bisa menikmati air terjun dengan ketinggian 10 meter dan mengalir di batu bertingkat.

Uniknya, air dari Aek SIjornih tetap jernih baik di musim kemarau atau di musim hujan sekalipun. Hal ini disebabkan karena aliran sungai melewati batu cadas yang tidak mengandung lumpur.

Untuk sampai ke tempat wisata dengan 2 aliran air terjun ini, kamu perlu melewati jembatan gantung. Jembatan ini berada di atas Sungai Sayur Matinggi dan aman untuk dilewati. Oh ya, kamu perlu membayar Rp3.000 per orang untuk melewati jembatan.

Sesampainya di Aek Sijornih, kamu bisa langsung menikmati segarnya air terjun. Kamu juga bisa berfoto apalagi di sekitar tempat ini memiliki pemandangan alam yang cukup indah.

Tidak hanya itu, kamu bisa menikmati waktu dengan bermain air di waterpark. Ada 2 jenis kolam, yaitu kolam dalam dan kolam dangkal berkedalaman < 1 meter yang cocok untuk anak-anak.

Agar lebih seru, kamu bisa menikmati wahana seperti perosotan hingga ayunan. Setelah lelah, kamu bisa menikmati waktu kamu di gazebo yang tersedia.

Kalau kamu tertarik ke sini, hindari saat hari libur seperti saat lebaran ya. Ini karena Aek Sijorni akan kebanjiran pengunjung dan bisa membuat kamu kurang nyaman karena terlalu ramai.

Yuk lanjut ke daftar tempat wisata yang terakhir!

10. Pantai Pandan Tapteng

Pantai Pandan Tapteng (kredit foto: instagram.com/rudihaitami/)
LokasiJl. Sisingamangaraja Jl. Padang Sidempuan, Pandan, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp0.
Rating ulasan4.2/5.0 – 2.172 ulasan Google.
Rute tempat wisata dari Medan8 jam 14 menit (348 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera atau Jl. Sibolga – Tarutung. 9 jam 22 menit (344 km) via Jl. Lintas Barat Sumatera
55 menit menggunakan penerbangan dari Medan ke Sibolga.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPulau Mursala. Batu Lobang. Batu Gajah.Pulau Poncan. Wahana seperti banana boat. Waterpark.

Kalau kamu sedang berada di sekitar Sibolga, kamu bisa langsung ke Pantai Pandan Tapteng. Pantai ini bisa kamu tempuh hanya dalam kurun waktu 30 menit menggunakan kendaraan umum.

Memangnya, ada apa di Pantai Pandan Tapteng? Di pantai ini, kamu bisa menikmati keindahan pasir putih yang berpadu dengan ombak yang tenang.

Kondisi pantai yang nyaman, memungkinkan kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini di antaranya:

  • Berselancar.
  • Berfoto.
  • Bermain voli pantai.
  • Berwisata kuliner.
  • Berenang di tepi pantai.

Selain itu, kamu bisa menikmati beberapa atraksi menarik seperti:

  • Banana boat.
  • Waterpark.
  • Sunset.
  • Menikmati kuliner ikan gulai yang khas.
  • Menyewa perahu motor misalnya untuk ke Pulau Mursala.

Di Pulau Mursala terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut. Tidak hanya itu, pulau ini juga pernah menjadi tempat untuk syuting film King Kong. Jadi, sayang sekali kalau kamu lewatkan.

Kalau kamu tertarik ke sini, di sekitar Pantai Pandan Tapteng ada banyak penginapan yang bisa kamu pilih. Karena itu, kamu tak perlu khawatir lagi kalau kamu ingin menikmati waktu lebih lama di pantai ini.

Banyak bukan pilihan tempat wisata yang sedang hits di Sumatera Utara? Dari 10 daftar di atas, mana nih yang menarik perhatian kamu dan ingin segera kamu kunjungi? Jangan lupa untuk memastikan lagi apakah tempat wisata tersebut buka atau tidak selama pandemi berlangsung sebelum kamu berlibur. Oh ya, kalau kamu punya rekomendasi tempat wisata hits lainnya di Sumatera Utara, jangan lupa tuliskan di kolom komentar. Happy holiday!

Leave a Reply

Your email address will not be published.